Kisah Rasulullah SAW Hijrah ke Thaif

Kisah Rasulullah SAW Hijrah ke Thaif
Kota Thaif terletak sekitar 100 KM arah tenggara Kota Makkah


Sepeninggal Khadijah dan Abu Thalib, sebagai pelindung dan penasehat Nabi Muhammad SAW, kafir Quraisy semakin leluasa mengancam dan menganiaya Nabi agar beliau menghentikan dakwahnya.


Abu Lahab, Hakam bin Ash dan Utbah bin Muit adalah tetangga dekat Nabi Muhammad SAW. Mereka selalu melempari kotoran dan najis ke halaman rumah Nabi dan juga jalan yang menuju rumah beliau. Ketika Nabi keluar rumah, dengan segera mereka melempari kotoran dan najis bahkan ketika Nabi menunaikan shalat.

Istri Abu Lahab selalu meletakkan duri atau pecahan - pecahan di muka pintu Nabi, sehingga dapat melukai dan mengganggu beliau keluar rumah.

Pernah ketika Nabi sedang memberi pelajaran kepada sahabat - sahabat tentang agama Islam di masjid, kaum kafir Quraisy jadi marah. Nabi dan sahabat - sahabat beliau mereka pukul.


Perjalanan Nabi Hijrah ke Thaif

Setelah Abu Thalib dan Khadijah meninggal dunia, Nabi Muhammad SAW melihat bahwa penganiayaan kafir Quraisy terhadap beliau dan sahabat - sahabatnya semakin menjadi - jadi, diluar perikemanusiaan dan sopan santun. Beliau yakin bahwa kota Makkah tidak sesuai lagi untuk dijadikan pusat dakwah.

Karena itu, dibuatlah rencana akan menjalankan seruan agama Islam di luar kota Makkah, dengan harapan akan dapat menemukan tempat lain yang sesuai untuk dijadikan pusat dakwah. Nabi mulai mengunjungi beberapa negeri sambil memperkenalkan diri dan memperkenalkan pokok - pokok agama Islam kepada penduduk.

Akan tetapi, Nabi senantiasa juga menemui kesengsaraan dan kesulitan - kesulitan. Sering sekali beliau mendengar penduduk negeri - negeri itu mengejek : " Sekiranya kata - kata yang diserukannya itu baik, tentu keluarga dan kaum kerabatnya lah yang akan menerima lebih dulu ".

Akhirnya, sampailah Nabi Muhammad SAW bersama Zaid bin Tsabit di negeri Thaif. Negeri Thaif terkenal berhawa sejuk dan keramahan penduduknya terhadap tamu - tamu yang datang.

Di Thaif, Nabi menyeru orang - orang terkemuka di kota itu agar menyembah kepada Allah SWT. Penduduk Thaif menolak sambil mengusir kedatangan Nabi Muhammad SAW. Mereka mencaci maki, mempersorakkan dan melempari Nabi dengan batu. Nabi pun menderita luka - luka.

Untuk membersihkan darah luka yang mengalir, Nabi berteduh di kebun anggur. Kemudian datanglah Malaikat Jibril dan menjumpainya memohon agar beliau mengizinkan untuk menghimpit penduduk negeri Thaif dengan dua buah gunung. Akan tetapi Nabi menolak dan berdo'a :

" Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada kaumku, sesungguhnya mereka tidak mengetahui ".

Dari kejauhan, Addas tukang kebun datang membawakan setangkai anggur untuk diberikan kepada Nabi dari tuannya. Ketika Nabi memakan anggur itu beliau membaca " Bismillah ". Mendengar bacaan itu, Addas terheran karena  apa yang diucapkan Nabi Muhammad SAW sama dengan apa yang dia baca dan dia belum pernah mendengar penduduk negeri itu membacanya.

Nabi bertanya tentang tanah asal dan agama Addas. Ia menjawab tanah asalnya adalah tempat kelahiran Nabi Yunus dan agamanya Nasrani. Nabi membacakan kisah Nabi Yunus yang tertera di dalam Al-Qur'an. Terharu hati Addas mendengarnya, lalu ia menyatakan dirinya sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kisah Rasulullah SAW Hijrah ke Thaif"

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete